[PART 2] Panduan Peduli Lingkungan Selama Pandemi Covid-19 – Bijak dalam Penggunaan Masker

Bijak dalam Penggunaan Masker 2

Pada masa pandemi seperti ini penggunaan masker memag sangat diwajibkan. Sebagai bentuk kita taat kepada protokol kesehatan dan untuk melindungi diri dan sekitar kita dari virus Covid-19. Saat ini penggunaan masker 2 dua lapis sangat dianjurkan. Masker yang pertama menggunakan masker medis, dan lapis kedua menggunakan masker kain. Setelah penggunaan masker tersebut, masker medis dianjurkan untuk disobek lalu dibakar dan masker kain langsung dicuci.

Menurut postingan KEMENKES pada tanggal 9 Juni 2020, Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan COVID-19 dr. Reisa Broto Asmoro mengatakan semua pihak wajib memakai masker selama masa pandemi COVID-19.  Masker kain dapat dipakai maksimal hanya 4 jam dan harus ganti dengan masker baru dan bersih. Apabila masker yang dipakai basah atau lembab harus segera diganti. Masyarakat disarankan membawa beberapa masker untuk beraktivitas, penggunaan maskerpun harus tepat seperti menutup hidung dan mulut.

Ada 3 jenis masker, masker kain, masker bedah, dan masker N95. Ia menjelaskan masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki 3 lapisan kain. Lapisan pertama adalah lapisan kain hidrofilik seperti katun, kemudian dilapisi oleh kain yang bisa mendukung viltrasi lebih optimal. Untuk lapisan kedua ini bisa juga menggunakan katun atau polyester.

Menyikapi kebijakan yang dianjurkan oleh KEMENKES maka PSLH UGM memberikan solusi bijak dalam penggunaan masker, sebagai berikut :

  1. Pastikan selalu mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan handsanitizer saat sebelum atau sesudah menggunakan masker
  2. Masker yang digunakan menutuopi hidung dan mulut hingga ke dagu.
  3. Masker digunakan satu kali pakai atau tidak lebih dari satu hari. Dan dianjurkan menggunakan masker kain pada saat kondisi sehat.
  4. Hindari untuk menyentuh bagian luar masker.
  5. Untuk masker kain, cucilah setiap hari setelah pemakaian menggunakan air hangat dan detergen
  6. Untuk masker sekali pakai, bilaslah menggunakan air detergen dan merobeknya setelah pemakaian dan buanglah ke tempat sampah.
Bijak dalam Penggunaan Masker
Bijak dalam Penggunaan Masker

Menutup hidung dan mulut menggunakan masker merupakan cara terbaik dalam mencegah penyebaran virus Covid-19. Namun cara penggunaan yang tepat juga perlu kita perhatikan agar tidak membahayakan diri kita sendiri.