Dr. Pramono Hadi, M.Sc

SAMBUTAN KEPALA PSLH

PSLH UGM hadir karena kontribusi berbagai pihak, baik internal mau pun eksternal. Sejarah panjang kerjasama dan komitmen pimpinan universitas telah membentuk entitas PSLH hingga saat ini. Sebagai bagian dari UGM, PSLH tak lepas dari tanggung jawab kepada masyarakat melalui berbagai kegiatan tri dharma perguruan tinggi, yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Dalam era teknologi informasi sekarang ini, bentuk-bentuk komunikasi virtual menjadi media penting yang harus selalu dibenahi kebaruannya agar memberian manfaat yang efektif dan efisien. Media sosial menjadi bagian tak terpisahkan dalam kehidupan manusia untuk berkomunikasi dan berkolaborasi sehingga kekuatan untuk membantu memecahkan permasalahan bangsa mulai dari hal yang paling kecil pun.

Sebagai pusat studi bidang lingkungan, sudah barang tentu institusi ini harus mampu menjawab tantangan isu-isu global terkait dengan permasalahan lingkungan. Permasalahan lingkungan yang dinamis ini memerlukan pendekatan multi-, intra-, dan antar disiplin ilmu, dan pelibatan berbagai pemangku kepentingan. Melalui laman ini diharapkan dapat menjadi sarana komunikasi dan informasi yang optimal.

Semoga laman ini bermakna. Salam sehat.

Yogyakarta, 2 Desember 2021
Kepala PSLH-UGM

Dr. M. Pramono Hadi, M.Sc.

VISI DAN MISI

SEJARAH PSLH UGM

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM didirikan sebagai bentuk kepedulian masyarakat akademik UGM terhadap berbagai persoalan lingkungan yang ada di Indonesia. Diawali pada tahun 1970-an, ketika pembangunan dilaksanakan secara masif di berbagai bidang termasuk infrastruktur pertanian, transportasi, dan pertambangan. Sementara itu di berbagai negara telah dikemukakan ide-ide tentang pengelolaan lingkungan dan asesmen dampak lingkungan yang perlu dilakukan untuk mencegah tidak terkendalinya kerusakan lingkungan sebagai dampak dari pembangunan. Pada masa itu mulai bermunculan institusi terkait dengan lingkungan baik di lingkungan pemerintah maupun masyarakat yang didirikan.

Di Indonesia, Pemerintah menetapkan Kementerian Kependudukan dan Lingkungan Hidup (KLH), dengan menteri pertamanya adalah Prof. Dr. Emil Salim. Keterbatasan SDM di pemerintah direspons dengan mengundang para ahli di beberapa universitas terkemuka seperti UI, IPB, UGM, ITB, dan UNPAD untuk memberikan kontribusi dalam program-program pengelolaan lingkungan hidup di Indonesia. Hal tersebut memicu untuk memformalkan kelompok-kelompok diskusi akademik di berbagai universitas menjadi bentuk pusat penelitian atau pusat studi seperti PPLH UGM (sekarang diubah sebutannya menjadi PSLH UGM), PSML UI, PSL IPB, dsb. Pusat-pusat tersebut diharapkan untuk membantu pemerintah pada penyediaan dan pengembangan SDM di bidang lingkungan, serta membantu memecahkan berbagai persoalan lingkungan sebagai dampak pembangunan.

Meskipun kegiatan secara de facto telah ada pada dasawarsa tahun 1970an dan 1980an, namun secara formal Pusat ini didirikan tanggal 1 April 1997 dengan nama Pusat Penelitian Lingkungan Hidup (PPLH), dan kemudian diubah menjadi PSLH (Pusat Studi Lingkungan Hidup) berdasarkan SK Rektor UGM 25/P/SK/KHTL/2001. PPLH UGM sejak dari awal telah menjadi mitra Kementrian KLH sebagai pusat pendidikan dan pelatihan SDM yang memliki kompetensi dalam kajian AMDAL. PSLH UGM juga telah menjadi trend setter, dan kiblat bagi upaya-upaya pengelolaan lingkungan di Indonesia.

KEGIATAN

PENELITIAN

Melakukan berbagai kegiatan penelitian dasar maupun terapan di bidang lingkungan (Kajian Lingkungan Hidup Strategis, Penelitian Daya Dukung Lingkungan, Sistem Informasi Lingkungan, AMDAL, Audit Lingkungan, dan lain-lain).

PELATIHAN

Menawarkan berbagai bentuk pelatihan untuk meningkatkan SDM bidang lingkungan, seperti Kursus AMDAL, Audit Lingkungan, Sistem Informasi Lingkungan, UKL-UPL, Pengelolaan Lingkungan, dan Ekonomi Lingkungan, serta Pengelolaan B3 dan Limbah B3.

PUBLIKASI

Mengembangkan referensi di bidang lingkungan dengan penerbitan buku dan sistem informasi di bidang lingkungan. PSLH juga menerbitkan Jurnal Manusia dan Lingkungan yang telah terakreditasi.

PENGABDIAN MASYARAKAT

PSLH UGM melakukan monitoring dan evaluasi kualitas lingkungan; Menyusun Baku Mutu Lingkungan, Pengelolaan Sampah UGM; Memberikan ceramah, bantuan dan advokasi di bidang lingkungan.