• Tentang UGM
  • Penelitian
  • Perpustakaan
Universitas Gadjah Mada Pusat Studi Lingkungan Hidup
Universitas Gadjah Mada
  • Profil
    • Sambutan Kepala PSLH
    • Visi dan Misi
    • Sejarah PSLH UGM
    • Kegiatan
    • Hubungi Kami
  • Pengelola dan Staff
    • Kepala PSLH
    • Kepala Bidang
    • Bidang Pelatihan dan Kerjasama
    • Bidang Penelitian Pengabdian Masyarakat
    • Bidang Publikasi
    • Bidang Administrasi Umum dan Kepegawaian
    • Bidang Keuangan dan Inventaris Aset
    • Bidang Media dan IT
  • Pelatihan
    • Agenda Pelatihan
    • World Bank
    • FAQ
  • Resource
    • Opac
    • Info Layanan
    • Referensi
    • Text Book
    • Hasil Penelitian
    • Pengadaan Buku
    • Jurnal
      • Jurnal Umum
      • Jurnal PSLH
    • Penerbitan
    • Buku Tamu
  • Event
    • Hibah Penelitian Mahasiswa Tahun 2023
    • Prosedur Peminjaman Ruang
    • Desa Wisata Pinge
    • Pameran Virtual
    • Pendaftaran Webinar
    • Download
      • Virtual Background Webinar
      • Virtual Background
      • e-Book Tata Kelola Sawit Indonesia
  • Blog
  • Beranda
  • Berita
  • UGM Kirim Dua Kendaraan Hemat Energi

UGM Kirim Dua Kendaraan Hemat Energi

  • Berita
  • 3 March 2011, 15.12
  • Oleh:
  • 0

Tim Semar Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta akan meluncurkan dua mobil hemat energi untuk mengikuti kompetisi Shell Eco Marathon 2011 di Sirkuit Sepang, Malaysia, 6-9 Juli 2011 mendatang. Kedua mobil hemat energi itu adalah Semar Prototype dan Semar Urban.

Pembimbing tim Semar UGM, Jayan Sentanuhady, di Yogyakarta, Kamis (3/3/2011), mengungkapkan, pada kompetisi tahun ini tim Semar menargetkan pencapaian efisiensi bahan bakar dengan jarak tempuh semaksimal mungkin. Kedua mesin kendaraan tersebut telah didesain dengan efisiensi panas dan volume semaksimal mungkin pada titik keseimbangan tertentu.

”Mesin itu berspesifikasi long stroke dengan karakteristik high torque pada putaran mesin yang rendah agar bisa menekan konsumsi bahan bakar,” kata dosen Jurusan Teknik Mesin dan Industri Fakultas Teknik UGM itu.

Jayan menambahkan, Semar Prototype merupakan kendaraan bermotor hemat energi yang mampu menempuh jarak 280 kilometer dengan satu liter bensin. Sementara itu, mobil Semar memiliki panjang total 2,8 meter, tinggi 0,65 meter, lebar satu meter, dan wheel base 1,6 meter.

”Bodi kendaraan terbuat dari bahan fiberglass dengan tebal sekitar dua milimeter. Untuk penggerak mula menggunakan mesin empat tak bersilinder tunggal berkapasitas 25 cc dan bisa melaju dengan kecepatan maksimal 45 km per jam,” kata Jayan.

Menurut dia, untuk Semar Urban hingga kini masih dalam proses penyelesaian. Mobil itu merupakan kendaraan yang didesain dengan konsep city car hemat energi dan rendah emisi gas buang.

Ia mengatakan, menghadapi kompetisi yang akan berlangsung, pihaknya telah melakukan beberapa perubahan pada Semar Prototype. Kapasitas mesin yang semula 25 cc diubah menjadi 115 cc dengan pertimbangan agar bisa lebih kuat saat melalui jalan yang menanjak tinggi dan panjang. Selanjutnya, desain juga dibuat moduler dimana bagian arm belakang, bagian tempat duduk, dan bagian steering dibuat secara terpisah.

”Dengan sejumlah perubahan itu, diharapkan Semar mampu berlaga secara maksimal dan dapat mempersembahkan prestasi membanggakan,” ucapnya.

Sumber: KOMPAS.com

Tags: energi
Universitas Gadjah Mada

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM

Kompleks Gedung PSLH-EFSD UGM, Jl. Kuningan, Caturtunggal, Depok, Sleman, Yogyakarta 55281

   pslh@ugm.ac.id
   +62 (274) 565722, 6492410
   +62 (274) 517863

© Universitas Gadjah Mada

KEBIJAKAN PRIVASI/PRIVACY POLICY