Sehubungan dengan diketemukannya pemalsuan Sertifikat Penyusun AMDAL PSLH UGM, maka Kami menghimbau kepada Komisi Penilai AMDAL di seluruh Indonesia untuk memeriksakan keabsahan dokumen sertifikat penyusun AMDAL yang dikeluarkan oleh PSLH UGM kepada Kami. Terimakasih

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM

pslh@ugm.ac.id

UGM Canangkan Kampung Hijau di Sekitar Areal Kampus

without comments

YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada berencana mengusahakan terbentuknya kawasan hijau di kampung-kampung yang ada di sekitar kawasan Sekip dan Bulaksumur. Untuk menghijaukan kawasan ini, UGM menargetkan akan selesai dalam waktu tiga tahun. Program yang dinamakan Kampung Hijau ini juga menyisipkan ajakan bagi warga masyarakat untuk membangun nilai-nilai menjaga kelestarian alam dan semangat peduli atas lingkungan. Hal itu ditegaskan Prof. Dr. Suratman, M.Sc., Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat UGM dalam Talkshow Festival Kampung Hijau yang diadakan Inspiring Bulaksumur Urban Community (IBUC), Sabtu (13/12), di Klebengan, Caturtunggal, Depok, Sleman.

Read the rest of this entry »



Pembukaan Pelatihan Penyusunan AMDAL dan Penilaian AMDAL

without comments

Pembukaan Pelatihan Penyusunan AMDAL angkatan ke-66 dan Penilaian AMDAL ke-58 dilaksanakan secara bersamaan pada hari Senin, 1 Desember 2014. Pembukaan pelatihan oleh Koordinator Bidang Program dan Pelatihan PSLH UGM, Bapak Dr. Eko Sugiharto, DEA didampingi oleh Tim Ahli PSLH UGM dan juga Pengajar Pelatihan, Ibu Dra. Endang Astuti., M.Si. Pembukaan dimulai pada pukul 08.00 setelah sebelumnya para peserta melakukan registrasi. Peserta yang mengikuti pelatihan ini berasal dari berbagai penjuru daerah di Nusantara, baik dari instansi pemerintah maupun instansi swasta. Untuk pelatihan Penyusunan AMDAL angkatan ke-66 yang diikuti 28 peserta akan berlangsung selama 18 hari mulai tanggal 1 – 20 Desember 2014. Sedangkan pelatihan Penilaian AMDAL angkatan ke-58 yang diikuti oleh 13 peserta akan berlangsung selama 12 hari mulai tanggal 1 – 13 Desember 2014.



PSLH UGM menerima kunjungan dari Universitas Negeri Malang

without comments

PSLH UGM menerima kunjungan dari Program Magister Pendidikan Biologi Universitas Negeri Malang (UM) pada hari Senin, 1 Desember 2014. Sebanyak 80 orang mahasiswa dan 1 orang Dosen Pendamping, yaitu Bapak Prof. Dr. Moh. Amin, M.Si diterima oleh Tim dari PSLH UGM di Ruang Aula Lantai 3, Gedung PSLH UGM. Tim dari PSLH UGM memberikan materi yang berupa penjelasan mengenai Pengelolaan Sampah Kampus UGM. Materi ini disampaikan oleh Tim Ahli PSLH UGM Ibu Ir. Sri Puji Saraswati, DIC., M.Sc dan Bapak Drs. Iqmal Tahir., M.Si.



Miliki Cadangan Terbesar Dunia, Potensi Panas Bumi Belum Digarap Maksimal

without comments

Indonesia merupakan negara yang memiliki cadangan panas bumi terbesar di dunia. Potensi panas bumi yang terkandung di Indonesia mencapai 28,617 Megawatt atau 40 persen dari total cadangan panas bumi dunia. Sayangnya dari total jumlah tersebut baru sekitar 1,341 Megawatt (4,7%) yang dimanfaatkan.

Read the rest of this entry »



Penutupan Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL ke-95

without comments

Penutupan Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL ke-95 dilaksanakan pada tanggal 29 November 2014 di Gedung PSLH UGM. Penutupan oleh Sekretaris PSLH UGM yaitu Bapak Drs. Harnanto, M.Soc., Sc. Pada pelatihan ini dipilih 5 orang peserta sebagai 5 besar peserta terbaik dan diberikan kenang-kenangan oleh Bapak Sekretaris PSLH UGM.



Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL ke-95

without comments

Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL Angkatan ke-95 diadakan selama 6 hari, tanggal 24 – 29 November 2014. Dilaksanakan di Gedung PSLH UGM, pelatihan ini diikuti oleh 94 peserta yang berasal dari berbagai intansi, baik instansi pemerintah maupun swasta. Registrasi peserta dilaksanakan pada hari pertama, pukul 07.00 – 08.30 lalu dilanjutkan dengan pembukaan. Pembukaan pelatihan oleh Koordinator Pelatihan PSLH UGM yaitu Bapak Dr. Eko Sugiharto, DEA didampingi oleh Tim Ahli PSLH UGM dan juga pengajar pelatihan, Ibu Dra. Endang Astuti., M.Si.



Ada Mobil Listrik, Ular, Hingga Gigi Berjalan di UGM Expo

without comments

YOGYAKARTA – Universitas Gadjah Mada secara resmi membuka pameran hasil karya riset dosen dan mahasiswa di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat di Grha Sabha Pramana UGM, Senins (17/11). Pameran yang dibuka bagi masyrakat luas ini diisi 179 stan. Pengunjung bisa menyaksikan beberapa produk riset seperti mobil listrik buatan mahasiwa Fakultas Teknik, ular piton dari koleksi komunitas mahasiswa pecinta satwa liar Fakultas Kedokteran Hewan hingga boneka ‘gigi berjalan’ dari stand Fakultas Kedokteran Gigi serta aneka buah-buahan dan tanaman sayur mayur organik dari Kebun Pendidikan, Penelitian, dan Pengembangan Pertanian (KP4).

Read the rest of this entry »