Sehubungan dengan diketemukannya pemalsuan Sertifikat Penyusun AMDAL PSLH UGM, maka Kami menghimbau kepada Komisi Penilai AMDAL di seluruh Indonesia untuk memeriksakan keabsahan dokumen sertifikat penyusun AMDAL yang dikeluarkan oleh PSLH UGM kepada Kami. Terimakasih

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM

pslh@ugm.ac.id

Pelatihan Penyusunan AMDAL ke-67 dan Penilaian AMDAL ke-59

without comments

Pembukaan pelatihan penyusunan dan penilaian AMDAL pada kali ini dilaksanakan secara bersamaan dalam 1 kelas. Setelah acara pembukaan yang disampaikan oleh Kepala PSLH UGM Bapak Ir. Subaryono., MA., Ph.D , peserta dibagi menjadi 2 kelas. Kelas Penyusunan AMDAL di Lantai 3, dan kelas Penilaian AMDAL di Lantai 2.

Pelatihan Penyusunan AMDAL kali ini merupakan angkatan ke – 67 yang diikuti oleh 33 peserta yang berasal dari berbagai kota di Indonesia.
Sedangkan pelatihan Penilaian AMDAL angkatan ke-59 , diikuti oleh 24 peserta. Para peserta berasal dari Sabang sampai Merauke dan dari berbagai macam institusi, baik institusi pemerintah, Swasta, maupun BUMN.



In House Training – Diklat Penguatan Kapasitas Tim Teknis dan Sekretariat Komisi AMDAL Kab. Banggai Kepulauan

without comments

IMG_5258

Berikut adalah beberapa foto pada acara pembukaan Diklat Penguatan Kapasitas Tim Teknis dan Sekretariat Komisi AMDAL Kab. Banggai Kepulauan yang difasilitasi oleh Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM. Diklat dilaksanakan selama 3 hari pada tanggal 7 s.d. 9 April 2015. Bertempat di Gedung PSLH UGM Lantai 2, Diklat ini diikuti oleh 20 orang Anggota Tim Teknis dan Sekretariat Komisi AMDAL dari Kabupaten Banggai Kepulauan. Acara didahului oleh pembukaan dari Koordinator Pelatihan, Ibu Dr. Endang Astuti., M.Si dan dilanjutkan dengan coffee break, lalu pemberian materi dari para pakar.

 



Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL Angkatan ke-96

without comments

IMG_5208

Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL Gelombang Pertama pada tahun 2015 telah berlangsung. Pelatihan ini akan berlangsung selama 6 hari, dimulai pada tanggal 6 April 2015 s.d. 11 April 2015. PSLH UGM sebagai penyelenggara Diklat AMDAL yang telah terakreditasi oleh KLH RI, membuat antusias peserta mengikuti pelatihan di PSLH UGM menjadi sangat tinggi. Hal ini dapat dilihat dari jumlah pendaftar, sebanyak 108 peserta mengikuti pelatihan Dasar-Dasar AMDAL angkatan ke-96 di PSLH UGM. Peserta berasal dari berbagai instansi, baik instansi pemerintah, swasta, maupun BUMN. Karena banyaknya jumlah peserta yang mendaftar, maka panitia membagi pelatihan menjadi 2 kelas paralel. Kelas pertama sebanyak 45 peserta yaitu kelas A menempati Ruang Sidang LPPT yang berlokasi di Timur gedung PSLH UGM. Sedangkan 65 peserta lainnya yaitu kelas B menempati Ruang Pelatihan PSLH UGM lantai 3. Registrasi peserta dibuka mulai pukul 07.00 – 09.00 dan dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala PSLH yang baru dilantik per 1 April 2015, yaitu Bapak Ir. Subaryono., MA., Ph.D .  Setelah pembukaan, acara dilanjutkan dengan penjelasan pelatihan yang disampaikan oleh Koordinator Pelatihan yaitu Ibu Dr. Endang Astuti., M.Si pada kelas A, sedangkan pada kelas B penjelasan pelatihan disampaikan oleh Tim Ahli PSLH UGM yaitu Bapak Dr. Eko Sugiharto, DEA. Setelah mendapatkan penjelasan pelatihan, peserta dipersilahkan untuk menikmati coffee break dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh para Ahli di bidang masing-masing sesuai jadwal.



Syarat Peserta Pelatihan AMDAL

without comments

Sesuai Keputusan Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Kementerian Lingkungan Hidup No. KEP-11/Pusdiklat/LH/11/2012 tentang Pedoman Pelaksanaan Pendidikan dan/atau Pelatihan Analisis Mengenai Dampak Lingkungan:

Peserta pelatihan Penyusunan AMDAL dan Penilaian AMDAL, harus berderajat pendidikan minimal D3 dan memiliki sertifikat pelatihan Dasar-Dasar AMDAL

 

Calon peserta DIKLAT AMDAL yang ingin mengetahui lebih lanjut kurikulum dan persyaratan pelatihan AMDAL tersebut, silahkan mengunduh file berikut:

 



Pelatihan PROPER

without comments

Saat ini telah dilaksanakan Pelatihan PROPER di PSLH UGM. Pelatihan berlangsung selama 4 hari, dimulai pada tanggal 30 Maret-2 April 2015. Pelatihan diikuti oleh 12 orang peserta yang berasal dari berbagai instansi, baik dari Instansi Pemerintah, BUMN, Swasta, Wiraswasta, dan lainnya. Acara diawali dengan regsitrasi pada pukul 07.00 – 08.00 dan dilanjutkan dengan Pembukaan pada pukul 08.00 – 08.30. Pembukaan pelatihan oleh Tim Ahli PSLH UGM yaitu Bapak Dr. Eko Sugiharto, DEA dan Koordinator Pelatihan PSLH UGM Ibu Dr. Endang Astuti, M.Si. Setelah Pembukaan dan pengarahan pelatihan, peserta dipersilahkan untuk menikmati Coffe Break lalu dilanjutkan dengan pelatihan.

 



Pendaftaran Pelatihan PROPER

without comments

logo-PROPER-3dxx

Pusat Studi Lingkungan Hidup  membuka Pelatihan PROPER selama 4 hari, pada tanggal 30 Maret-2 April 2015.

Pelatihan ini terbuka bagi siapa saja, baik bagi karyawan BUMN, Swasta, Instansi Pemerintahan, Para Pemerhati Lingkungan, dan Perusahaan yang ingin meraih PROPER Biru atau Hijau, maupun Perusahaan yang ingin menaikkan PROPER menjadi EMAS.

Untuk pendaftaran dan informasi selanjutnya mengenai Pelatihan PROPER di PSLH UGM, dapat dilihat disini



Workshop PROPER Menuju Emas Kerjasama PT PJB dan PSLH UGM

without comments

PT Pembangkitan Jawa Bali (PJB) bekerjasama dengan PSLH UGM meneyelenggarakan Workshop PROPER Menuju Emas.
Workshop dengan agenda Evaluasi Dokumen PROPER 2013-2014 dan Menyusun Strategi Menuju PROPER ini berlangsung selama 2 hari yaitu pada Hari Senin-Selasa, tanggal 23 – 24 Februari 2015 bertempat di Gedung PSLH-UGM. Diikuti oleh 22 peserta dari berbagai unit PT PJB, acara dimulai pada pukul 08.00 dengan pembukaan dari Kepala PSLH UGM dan dilanjutkan dengan materi yang disampaikan oleh pembicara yang ahli di bidangnya.
Workshop ini menghadirkan pembicara (Expert) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI, yaitu Bapak Drs. MR. Karliansyah, M.Si (Deputi Bidang Pengendalian Pencemaran Lingkungan KLH-RI), Prof. Dr. Sudharto P. Hadi, MES., PhD (Ketua Dewan Pertimbangan Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan KLH RI), dan Ir. Sigit Reliantoro, M.Sc (Ketua Sekretariat PROPER KLH-RI) serta beberapa pembicara lainnya.