Sehubungan dengan diketemukannya pemalsuan Sertifikat Penyusun AMDAL PSLH UGM, maka Kami menghimbau kepada Komisi Penilai AMDAL di seluruh Indonesia untuk memeriksakan keabsahan dokumen sertifikat penyusun AMDAL yang dikeluarkan oleh PSLH UGM kepada Kami. Terimakasih

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM

pslh@ugm.ac.id

The 5th Assessment Report Intergovernmental Panel On Climate Change (IPCC) Outreach Event

without comments

Indonesia selama ini cukup aktif dalam berbagai kegiatan IPCC seperti keterlibatan pada penyusunan AR4 dan AR5. Terlebih Indonesia menjadi tuan rumah IPCC sesi 31 di Bali tahun 2009 dimana disusun dasar struktur laporan AR5. Indonesia menempatkan Lead Author pada Working Group I dan juga anggota pada Task Force Greenhouse Gasses Inventory.

Read the rest of this entry »



Tim Aplikasi Quick Disaster UGM Raih Global Winner di London

without comments

Aplikasi bencana karya mahasiswa UGM berhasil mendapatkan penghargaan Global Winner dalam kompetisi aplikasi yang diadakan Bank Dunia “Code For Resilience” di London pada 30 Juni 2014. Aplikasi Quick Disaster yang dikembangkan oleh empat mahasiswa Prrodi Ilmu Komputer dan satu mahasiswa Prodi Geofisika, yaitu Daniel Oscar Baskoro (Project Manager), Zamahsyari (Programer), Bahrunnur (Programer), Sabrina Woro Anggraini (Copy writer), dan Maulana Rizki Aditama (Data Analyst) berhasil mendapat trofi pada acara penghargaan Understanding Risk Forum, di ExCel, London.

Read the rest of this entry »



Pengenalan AMDAL bagi Eksekutif dan Legislatif
23–27 Juni 2014

without comments



UGM Dinobatkan Jadi Pusat Unggulan Dunia

without comments

Universitas Gadjah Mada ditetapkan sebagai World Center of Excellence on Landslide Disaster Risk Reduction atau Pusat Unggulan Dunia untuk Pengurangan Risiko Bencana Longsor periode 2014 – 2017. Penghargaan ini diberikan oleh UNESCO beserta United Nation International Strategy on Disaster Reduction (UN-ISDR) dan International Program on Landslides(IPL), diserahkan oleh Directorate General UNESCO pada tanggal 3 Juni 2014 lalu di China National Convention Center, Beijing. Dengan demikian, UGM masuk pada daftar 15 Pusat Unggulan Dunia untuk Pengurangan Risiko Bencana Longsor. “Diantara ke 15 Center tersebut, UGM menduduki posisi tiga terbesar bersama Italia dan Jepang,” kata peneliti alat deteksi longsor UGM, Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D., dan Teuku Faisal Fathani, M.T., Ph.D., kepada wartawan, Selasa (17/6). Keduanya merupakan pembuat teknologi deteksi bencana longsor dari Fakultas Teknik UGM yang berkesempatan menerima penghargaan tersebut.

Read the rest of this entry »



Pelatihan Kajian Lingkungan Hidup Strategis
16–20 Juni 2014

without comments



Peringati Hari Lingkungan, KP4 UGM Serahkan Ratusan Pohon

without comments

Wakil Rektor UGM Bidang Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat, Prof. Dr. Suratman, M.Sc, mengatakan ancaman bumi adalah ancaman bagi manusia. Dengan jumlah penduduk dunia hampir mencapai 10 milyar, menjadikan pangan, tempat dan air akan saling diperebutkan. Sementara, jalan-jalan mulai padat dan pohon-pohon mulai berkurang.

Read the rest of this entry »



Tim Ekspedisi UGM Temukan Jejak Anoa

without comments

Kepala Seksi Pemanfaatan dan Pelayanan Balai Besar Taman Nasional Lore Lindu (TNLL), Haruna mengatakan kegiatan yang dilakukan tim ekspedisi Mapala Fakultas Kehutanan UGM di kawasan Taman Nasional sangat membantu dalam mendapatkan data baru mengenai keberadaan berbagai jenis satwa dan flora yang ada di TNLL. Bahkan ada beberapa rekomendasi yang disampaikan tim ekspedisi kepada pihak Balai Besar TNLL, terutama mengenai terjadinya pendangkalan akibat dari hutan di sekitar Danau Lindu sudah dirambah untuk kebun kakao dan kopi.

Read the rest of this entry »