Sehubungan dengan diketemukannya pemalsuan Sertifikat Penyusun AMDAL PSLH UGM, maka Kami menghimbau kepada Komisi Penilai AMDAL di seluruh Indonesia untuk memeriksakan keabsahan dokumen sertifikat penyusun AMDAL yang dikeluarkan oleh PSLH UGM kepada Kami. Terimakasih

Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM

pslh@ugm.ac.id

Bimtek Dasar dan Penilaian AMDAL bagi KPA Daerah

without comments

Telah berlangsung Bimbingan Teknis Dasar dan Penilaian AMDAL bagi Komisi Penilaian AMDAL (KPA) Daerah yang diselenggarakan oleh Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) RI bekerjasama dengan Pusat Studi Lingkungan Hidup (PSLH) UGM. Bimtek diselenggarakan di Hotel Crystal Lotus, Yogyakarta. Bimtek ini diselenggarakan mulai tanggal 19 Oktober 2014 – 8 November 2014.



Pelatihan Pengelolaan B3 dan Limbah B3

without comments

Pelatihan Pengelolaan B3 dan Limbah B3 diselenggarakan oleh PSLH UGM selama 5 hari, mulai tanggal 20 – 24 Oktober 2014. Pelatihan Pengelolaan B3 dan Limbah B3 angkatan ke-17 ini diikuti 21 peserta yang berasal dari berbagai instansi pemerintah dan swasta. Peserta melakukan registrasi mulai pukul 07.00 – 09.00. Pembukaan pelatihan oleh Koordinator Pelatihan PSLH UGM yaitu Bapak Dr. Eko Sugiharto, DEA.



Pelatihan UKL-UPL

without comments

Pelatihan UKL-UPL diselenggarakan di PSLH UGM mulai tanggal 13 – 18 Oktober 2014. Peserta pelatihan berasal dari berbagai instansi. Registrasi peserta dimulai pukul 07.00 – 08.30 dan dilanjutkan dengan pembukaan. Pembukaan oleh Kepala Pusat Studi Lingkungan Hidup UGM yaitu Bapak Prof. dr. Hari Kusnanto, Dr.PH didampingi oleh Tim Ahli PSLH UGM Ibu Dra. Endang Astuti, M.Si.



UGM, Pemprov Jateng dan Perhutani Jalin Kerjasama Pengembangan Pertanian Terpadu

without comments

Universitas Gadjah Mada, Pemerintah Propinsi Jawa Tengah, dan Perum Perhutani sepakat melakukan kerjasama implementasi Program Kedaulatan Pangan di Jawa Tengah untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya bagi warga yang bermukim di desa-desa sekitar hutan. Naskah kerjasama Pengembangan Pertanian terpadu Dalam Kawasan Hutan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa Hutan di Provinsi Jawa Tengah, ditandatangani Prof. Dr. Suratman, M.Sc mewakili UGM, Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo dan Direktur Utama Perhutani, Dr. Ir. Bambang Sukmananto, M.Sc di ruang multimedia, Rabu (8/10).

Read the rest of this entry »



Pelatihan Dasar-Dasar AMDAL Angkatan ke-93

without comments



Kongres Maritim Indonesia Desak Presiden Terpilih Bangun Maritim

without comments

Laut Indonesia menyimpan 70% dari potensi minyak dan gas bumi karena 40 dari 60 cekungan minyak milik Indonesia berada di laut. Namun hanya sekitar 10% dari potensi tersebut yang saat ini sudah dimanfaatkan. Sedangkan potensi sumber daya mineral dasar laut sampai saat ini belum teridentifikasi dengan baik, mengingat belum tersedianya teknologi yang tepat untuk mengidentifikasinya. Sebab itu, pemerintahan Joko Widodo dan Jusuf Kalla ke depan membutuhkan strategi kebijakan maritim yang komperehensif sebagai acuan bagi aturan kegiatan pembangunan kelautan dan kemaritiman. Salah satunya, memperkuat keamanan laut, daya saing SDM dalam penguasaan teknologi kelautan dan memperkuat budaya maritim.

Read the rest of this entry »



Indonesia Meratifikasi Undang-Undang Tentang Pengesahan Asean Agreement On Transboundary Haze Pollution (Persetujuan Asean Tentang Pencemaran Asap Lintas Batas)

without comments

Jakarta, 16 September 2014. Hari ini Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia menyelenggarakan Sidang Paripurna dengan agenda pembahasan Rancangan Undang-Undang tentang Pengesahan ASEAN Agreement on Transboundary Haze Pollution (Persetujuan ASEAN Tentang Pencemaran Asap Lintas Batas). Acara Sidang Paripurna dihadiri oleh Pimpinan dan Para Anggota DPR RI, Menteri Lingkungan Hidup, Menteri Luar Negeri, dan Direktur Perancangan Kementerian Hukum dan HAM.

Read the rest of this entry »